Bukan Hanya Lewat HP, Kamu Juga Bisa Buat Screenshot melalui Laptopmu dengan Mudah




Hai, hai!
Dah lama, nih, aku tidak ngeblog karena sibuk dengan perayaan natal dan tahun baru plus ujian dan rapor anak sekolah plus menyelesaikan proyek menulis buku bersama alias nubar (nulis bareng). Hadeh... Tapi, tidak apa-apa deh. Selama masih bisa berkarya, harus terus semangat!

Nah, kali ini aku mau bahas cara membuat screenshot melalui layar laptop. Kadang-kadang kita perlu juga buat screenshot melalui laptop, tetapi memilih cara lain karena kurang mengerti caranya. Saya juga pernah mengalaminya. 

Pada zaman dahulu, eh, pada suatu hari deng, hehe... akun saya error saat mengirimkan naskah ke penerbit. Saya minta solusi pada pihak penerbit. 
"Apa masalahnya? Coba ditunjukkan," kata si Bapak.
Saya ingin screenshot, tapi saya tidak mengerti pemirsah... Yang saya pahami adalah men-screenshot lewat hp karena mudah. Tinggal jepret, iya, kan? Setelah saya foto, saya kirimkan lewat email. Sungguh malang! Katanya, gambarnya tidak jelas dan tidak kelihatan semua. Saya malah disuruh pelajari cara screenshot lewat laptop. Akhirnya, saya menjadi mahir tingkat dewa. Maaf ya jika ada orang pintar yang baca tulisan ini. Bagi kami pemula, ini cukup luar biasa. Hehe!

Membuat screenshot lewat layar laptop tidak sulit, kok! Ingin tahu caranya? Ikuti langkah-langkah berikut, ya!

Pertama, Buka layar yang ingin di-screenshot.
Kedua, Tekan tombol Alt+printscreen atau tombol printscreen saja.
Ketiga, Buka aplikasi paint.
Keempat, Tekan tombol ctrl +v.
Kelima, Simpan gambar screenshot yang muncul dengan save as, lalu pilih jpeg
Terakhir, beri nama dan simpan di folder yang kamu inginkan.
Selamat mencoba!

22 comments:

  1. Penting bangetttt memang ini kalo screenshot bisa di laptop juga. Kadang males juga abis screenshot di hape terus harus kirim dulu ke laptop, rempongggg! Makasi infonya mbaa

    ReplyDelete
  2. bisa juga nih pake printscreen dari keyboard, tapi kalo aku lebih suka pake sniping tool, bisa delay soalnya, hehe. Makasih sharingnya mbaaa ~

    ReplyDelete
  3. Oh, saya baru tahu bisa ss dari lappy. Ke mana aja selama ini, ya? 😅
    Makasih, infonya, Mbak.

    ReplyDelete
  4. Buat kita yang gaptek (saya, maksudnya) pengetahuan kecil kayak ini rasanya luar biasa banget. Lagian, tidak semua orang tahu lho meski bagi mereka yang mendalami dunia IT, hal ini hanya remeh temeh dari pengetahuan mereka yang segambreng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak. Rasanya luar biasa saat pengetahuan kita bertambah. Hehe

      Delete
  5. aku termasuk yang sering skrinsut2 pake komputer/lappy, seneng banget dulu pas pertama tau kalo bisa skrinsut kayak di hape, hahaha

    ReplyDelete
  6. Wah, baru tau saya kalo bisa ss lewat lappy biasanya lewat hp aja (ketauan banget gapteknya wkwkwk)

    Terimakasih mbak ilmunya

    ReplyDelete
  7. Walaaahhh baru tahu ini sayaaah. Bisa yak ternyata ss lewat leppi, haha gaptek bener dah! Thanks infonya ya, Mbak, praktik habis inilah :D

    ReplyDelete
  8. Noted... tks sharingnya Mbak, kadang ngalami pengen ss dari lappy tapi belum tau caranya.

    ReplyDelete
  9. Wow, baru tahu kalo pake laptop bisa ss. Terimakasih mb, bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  10. wah ini yang kemaren aku sempet bingung gimana caranya hihi
    btw thanks ilmunya mba, pasti bermanfaat banget ini

    ReplyDelete
  11. Saya juga baru tahu ss di lappy pas kerja hihihi waktu itu bingung juga disuruh bos ss untunglah ada teman baik hati yang mandu. Nice sharing mbak...

    ReplyDelete
  12. Makasih infonya mbak. Dulu pernah bisa ss dari kompi, tapi udah lupa gimana caranya wkwkwkwk. Ilmunya bisa disimpan nih.

    ReplyDelete
  13. Wuhuuu ss pake laptop emang solutif banget disaat males mindah2 foto hasi ss dari handphone. Thanks info nya mba

    ReplyDelete
  14. Pertama kali kenal SS via laptop sekitar 10 tahun lalu. Berguna banget buat kerjaan saat itu. Sekarang udah jarang, sih. Makasih udah ngingetin lagi :)

    ReplyDelete
  15. Yess
    Aku pun dulu kerap menggunakan ini sebelum ada skrinsyut2an via hape mbaaa
    Rada ribet sih yaa
    Xixixi

    ReplyDelete

About Me

Seorang ibu muda, guru, penulis
Powered by Blogger.