Gagal Bukan Berarti Duniamu Sudah Berakhir, Ini Alasan yang Tidak Akan Bisa Kamu Abaikan!


Ketika kamu mengalami kegagalan, segala sesuatu menjadi terasa berat untuk dihadapi. Kamu bahkan merasa seolah-olah dunia kita akan runtuh dan berakhir akibat tekanan mental yang kuat. Bagaimana tidak, kamu baru saja kehilangan hal yang begitu penting. Pasti sulit menerima dan melupakannya begitu saja.

Apabila kamu mengalami hal ini dan terus tinggal dalam kekecewaan, kamu dapat terjebak dalam depresi, stres, dan keterpurukan yang akan menghancurkan dirimu. Parahnya lagi, kamu mulai berpikir mengenai siapa yang salah dan akhirnya menyalahkan dirimu dan orang-orang di sekitarmu. Hal ini akan membuat keadaan semakin memburuk. Hubungan dengan orang-orang di sekitarmu menjadi kurang baik dan kamu pun menangis setiap kali kamu merasa sendirian. 

Hal ini manusiawi, Dears! Akan tetapi, segala perasaan marah, sedih, kecewa, dan rasa bersalah yang ada dalam dirimu harus segera disingkirkan supaya hidupmu tidak semakin berantakan. 

Kegagalan bukan segalanya, lho. Kegagalan bukanlah pertanda dunia sudah kiamat. Kegagalan bukan berarti usaha kerasmu menjadi sia-sia. Kegagalan bukan berarti kamu tidak berarti apa-apa. Mengapa? Beberapa alasan berikut mungkin dapat menyadarkan kamu akan pentingnya kegagalan untuk perjalanan hidupmu.

Akan ada saat yang lebih tepat untukmu mendapatkan yang kamu impikan

Gagal berarti ini "belum saatnya". Mungkin kamu akan berhasil pada saat yang lebih indah sehingga keberhasilan itu terasa lebih pas dan sempurna. Mungkin saja jika kamu berhasil sekarang, hal itu menjadi buruk untuk yang lain atau akan menghalangimu untuk mendapatkan kesuksesan yang lain di hari besok. Ada ungkapan "jodoh tidak akan ke mana". Apabila kamu memang ditakdirkan untuk mendapatkan hal itu, maka suatu saat di saat yang tepat, kamu pasti akan mendapatkannya.

 Ada kesuksesan lebih besar sedang menanti kamu

Kegagalan dapat menjadi pertanda bahwa kita sebenarnya ditakdirkan untuk mendapatkan hal yang lebih besar atau lebih baik dari ini. Kamu tidak usah khawatir akan hal itu. Dengan usaha yang lebih matang dan upgrade diri terus menerus, kamu akan mendapatkan yang lebih baik dari itu. Atau, kamu mungkin akan sukses di bidang yang lain atau mendapatkan hal lain yang lebih baik dari yang kamu kejar-kejar selama ini. 

Jika di dunia ini ada saat menangis, maka akan ada juga saat tertawa


Percayalah bahwa jika saat ini kamu sedang menangis, maka kamu pada akhirnya nanti akan menemukan kebahagiaan dan tertawa bahagia. Jadikan ini pegangan untuk bangkit dan meninggalkan segala kesedihanmu. Jangan takut jika kegagalan ini sementara menggoyahkan semangatmu. Yang penting kamu harus ingat bahwa kamu harus bangkit, lagi, dan lagi hingga kegagalan itu sendiri bosan menghampirimu.

Sesungguhnya, kamu tidak pernah sendirian




Ketika kamu merasa gagal, berhentilah melampiaskan kemarahanmu pada orang-orang di sekitarmu. Jangan mencari seseorang untuk disalahkan. Apalagi diri sendiri. Jangan juga menarik diri dari dunia sekitar. Ingatlah bahwa mereka juga pernah mengalami kegagalan. Justru kamu dapat belajar dari mereka yang menurutmu cocok kamu jadikan guru yang positif. Biarkan keluargamu dan teman-temanmu merangkulmu untuk bangkit dan bersinar kembali.

Pengalaman adalah guru terbaik, demikian juga dengan kegagalan

Kegagalan adalah sisi kehidupan yang akan mewarnai langkah hidupmu. Jadikan itu pelajaran supaya tidak terulang lagi di masa yang akan datang. Evaluasi dirimu berdasarkan kegagan itu lalu tetapkan strategi terbaik untuk menghadapi tantangan hidup berikutnya. 

Nah, itulah alasan-alasan mengapa kamu tidak boleh putus harapan jika mengalami kegagalan. Ayo, bangkit dan tersenyumlah sebab kamu butuh semangat dan tekad yang kuat untuk meraih impianmu selanjutnya. 


20 comments:

  1. yap betul banget, setiap manusia pasti pernah di titik bawah, yang amat sangat bawah. Tapi yakinlah kita punya Allah yang Maha Segala, lalu untuk apa sedih? Tinggal berdoa dan berusaha sebaik mungkin. Pasti apa yang kita inginkan akan Allah kabulkan di waktu yang tepat. Sip mba makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  2. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, Mbak ... Hehhee

    ReplyDelete
  3. Masya Allah, suka banget dengan nasihatnya, Mba.

    ReplyDelete
  4. Sering mengalami kegagalan dalam urusan apa pun justru menempa mental lebih kuat, sehingga apabila tiba waktunya menerima amanah yang lebih besar sudah siap.

    ReplyDelete
  5. Ya Allah dalam banget. Saat ini ada satu kegagalan, yang saya belum bisa move on karenanya. Duh, jangan sampai putus asa. Semangat-semangat...

    ReplyDelete
  6. Setuju banget sama tulisan ini. Tetap semangat, Mbak.

    ReplyDelete
  7. setuju banget. kata orang, kalau mau sukses itu memang harus merendah dulu. jadi kadang malah turun dulu. abis itu melejit tinggi. semangaat semangaat..

    ReplyDelete
  8. Setuju nmx hidup ada saat gagal ada saat berhasil. Klu pun gagal tdk berhenti smpi disitu. Tetap berusaha dan smngat adalah kunci utamanya...

    ReplyDelete
  9. Wow, keren artikelnya mbak. Terimakasih sharingnya. Dapat suntikan semangat nih, saya.

    ReplyDelete
  10. Semua untaian kalimatnya disini masuk banget di sanubari mba, terima kasih karena telah menuliskannya :)

    ReplyDelete
  11. inspirasi yang makjleb banget. Trimakasih untuk inspirasinya mbk. kalau kita gagal, nggak usah bersedih, yes. tetap semangat.

    ReplyDelete
  12. Alasannya mantep banget Mbak. Artikelnya benar2 memotivasi. Yup, dunia belum berakhir hanya karena kita mengalami kegagalan, kesuksesan masih menanti di depan saja jadi klu gagal sebaiknya yang kita lakukan bukan meratapi ya Mbak, tapi terus berikhtiar lagi, lagi dan lagi.

    ReplyDelete
  13. mau berhasil
    memang wajib
    kenal dan ngalamin
    gagal lebih duluuuu

    biar ketika sukses
    bener-bener tertempa
    bukan secara instan!

    ReplyDelete
  14. Semua orang yang sukses saat ini adalah mereka yg dulunya pernah gagal.
    Jangan pernah malu ketika kamu gagal, karena itu artinya kamu telah mengetahui celah utk mengulanginya kembali dalam bentuk keberhasilan.

    ReplyDelete
  15. Kegagalan juga senantiasa memberikan pelajaran, nggak melulu tentang kecewa ya, Mbak...

    ReplyDelete
  16. Betul mbak, pengalaman adalah guru terbaik, dan pengalaman nggak melulu sukses ya, pengalaman gagal juga bisa dijadikan pembelajaran

    ReplyDelete
  17. Sepakat banget Mbak. Insya Allah dgn semua prinsip ini menjadikan kita pribadi yang kuat, selalu bersyukur dan optimis🤗

    ReplyDelete
  18. Wah betul bgt mbak, selalu ada pembelajaran terbaik dari setiap kegagalan yg kita alami.. sukses terus ya mbak, smangaat

    ReplyDelete
  19. betul banget mbak, selalu ada hikmah dari setiap kejadian yang ada dalam hidup kita..walau saya masih suka nyesek kalo gagal

    ReplyDelete

About Me

Seorang ibu muda, guru, penulis
Powered by Blogger.