Wow, Wanita Ini Diakui Salah Satu yang Paling Menginspirasi Dunia

                         
Dari dulu saya paling ngefans dengan Ibu saya. Hayoo...siapa yang sehati dengan saya? Perjuangannya itu, lho tidak bisa diukur dengan kata-kata maupun materi. Hmm...lain kali akan saya ceritakan tentang ibu saya. Nah, Ibu mungkin adalah wanita yang paling menginspirasi dalam hidup kita masing-masing. Namun, ada lho wanita-wanita hebat yang sepak terjangnya dan karya-karyanya luar biasa hingga terkenal ke kancah dunia. Salah satunya adalah yang ada di foto berikut.



                                                       Gambar: www.en.wikipedia.org

Kenal dengan tokoh ini, bukan? Saya suka banget membahas tentang kisahnya yang sangat menginspirasi. Dialah Oprah Winfrey si wanita luar biasa.

Oprah Winfrey lahir di Kosciusko, Mississipi, Amerika Serikat, pada tanggal 29 January 1954 dan diberi nama Oprah Gail Winfrey. Sejak kecil, Oprah tinggal bersama neneknya karena orang tuanya yang bercerai. Umur tiga tahun Oprah kecil sudah bisa membaca, lho. Hebat, ya. Akan tetapi, kecerdasan itu tertutupi dengan kisah hidup yang kelam.

Oprah kecil akhirnya tinggal bersama hidup dengan ibunya yang seorang pembantu rumah tangga. Selain menghadapi kemiskinan, Oprah juga harus mengalami kekerasan seksual pada usia sembilan tahun secara berulang-ulang yang dilakukan oleh saudara sepupu ibunya sendiri bersama teman-temannya. Akhirnya, pada usia empat belas tahun Oprah mengandung dan melahirkan. Sayangnya, bayinya meninggal pada usia dua minggu. Semua kesedihan itu hampir membuat Oprah putus asa.

Akhirnya, Oprah memilih kabur dari rumah dan memutuskan untuk tinggal bersama ayah dan ibu tirinya. Menurutnya, kehidupan ayahnya yang agak terpandang pasti akan memberikan jalan yang baik baginya. 

Ayahnya yang merupakan mantan tentara mendidik Oprah sangat disiplin. Kelakuan negatif Oprah dan nilainya yang buruk membuat ayahnya lebih bertindak lebih keras dan tegas dalam mendidik Oprah. Saat itu, Oprah sangat membenci tindakan ayahnya, tetapi berusaha keras dalam belajar supaya dapat memenuhi tuntutan ayahnya sekaligus memenuhi harapan untuk mengubah hidupnya. Jauh dalam hatinya dia mengakui bahwa tindakan ayahnya memang hal yang sangat dia perlukan.

Oprah pun mulai menunjukkan bakat cemerlangnya dengan menunjukkan prestasi-prestasi gemilang. Oprah bahkan diundang ke gedung putih dan mendapatkan beasiswa kuliah. Luar biasa, ya, Dears! Bukan hanya cerdas, dia juga menjadi pemenang kontes kecantikan.

 Oprah menjadi penyiar radio saat masih duduk di bangku SMA. Nah, saat berusia 19 tahun, dia menjadi wanita kulit hitam pertama dan pembawa berita termuda dalam acara TV lokal. Oprah lalu memulai debut talkshow acara TV dalam acara People Are Talking.

Oprah memutuskan pindah ke Chicago pada tahun 1984. Keputusannya pindah ke Chicago ternyata melengkapi kesuksesannya karena saat itu dia dipercaya menjadi pembawa acara The Oprah Winfey Show. Saya suka banget menonton acara ini dulu. Temanya mengenai pendidikan, nilai kemanusiaan, dan moral. Acara ini mencapai rating tertinggi selama 25 tahun masa penayangannya. Wow!

Oprah teh menginspirasi jutaan orang melalui bincang-bincangnya dengan tokoh-tokoh inspiratif dalam acaranya. Dia juga mampu menginspirasi orang-orang dengan ketegaran dan kekuatannya untuk bangkit dari masa kelam hidupnya. Selain itu, Oprah rutin menyumbang ke berbagai rumah sakit, yayasan, sekolah, dan lembaga riset penelitian AIDS dan menyediakan beasiswa pendidikan bagi wanita. Sungguh pantas mendapat predikat "The Greatest Black Philanthropist in American History".

Bagaimana menurut kamu, Dears? Sudahkah Kamu menginspirasi banyak orang?

#OneDayOnePost
#EstrilookComunity
#Day 7

3 comments:

  1. Keren ya si oprah ini. Masa lalu yang kelam nggak bikin dia terpuruk tapi justru bangkit jadi orang macem sekarang. Inspiring banget. :)

    ReplyDelete

About Me

Seorang ibu muda, guru, penulis
Powered by Blogger.