PENTING DITANAMKAN PADA ANAK, PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DIMULAI DARI HAL BERIKUT


www.pixabay.com

            Seringkali kita mendengar orang-orang mengatakan, “ Aku demam. Pasti cuaca ini penyebabnya!” sebenarnya, pemikiran itu keliru. Penyakit bukan disebabkan oleh cuaca. Penyakit disebabkan oleh bakteri atau virus atau kuman yang berasal dari prilaku tidak bersih dan tidak sehat yang kita terapkan dalam kehidupan kita.

            Untuk menjaga kesehatan, kita harus mau menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Salah satu contohnya adalah  kebiasaan mencuci tangan dengan air bersih dan dengan cara yang benar.

            Mencuci tangan adalah hal penting yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah penyebaran kuman dan infeksi. Ingat! Kuman ada di mana-mana! Salah satunya ada di tangan kita! Cucilah tangan secara teratur, seperti sebelum menyiapkan makanan, sebelum dan sesudah makan, sesudah buang air, sesudah bermain, sebelum dan sesudah bekerja. Bahkan, ada lagunya, kan? Siapa yang tahu? Kita coba nyanyikan, ya!

Sebelum kita bekerja, cuci tangan dahulu
Setelah kita bekerja, cuci tangan kembali

            Nah, mencuci tangan pun ada aturannya. Mencuci tangan sebaiknya menggunakan sabun dan air bersih mengalir supaya kotoran dan kuman terangkat dan hanyut terbawa air. Masih ingat ciri-ciri air bersih? Pertama, jernih atau tidak berwarna. Kedua, tidak berbau. Ketiga, tidak berasa. Kalau sudah yakin airnya bersih, saatnya kita mencuci tangan dengan benar.

            Ada tujuh langkah mencuci tangan menurut WHO. Ayo, kita perhatikan dan praktikkan bersama-sama!

1.      Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir. Ambil sabun! Kemudian, usap dan gosok kedua telapak tangan dengan lembut.

2.      Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian.
3.      Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih.
4.      Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan.
5.      Gosok dan putar kedua kedua ibu jari secara bergantian.
6.      Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan.
7.      Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih.

Demikian salah satu contoh prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang paling mudah dan sederhana untuk dilakukan, tetapi memegang peranan sangat penting untuk menjaga kesehatan kita terutama anak-anak yang masih aktif bermain.  Ayo, lakukan PHBS dengan mencuci tangan secara benar dan sehat!


#OneDayOnePost
#EstrilookCommunity
#Day 16

8 comments:

  1. oalaaa, ternyata ada istilah PHBS ya mba, rinci banget dijelaskan teknik cuci tanganya..biasanya anak saya yang terkecil lebih saya perhatikan dalam kebersihan tangannya mba. Gimana gak, seneng banget dia kalau yang kotor-kotoran, tapi alhamdulillah dpt teknik cuci tangan ini bisa lebih jelas ajarin ke anak..

    ReplyDelete
  2. Di rumah semua selalu cuci tangan pakai sabun, tapi baru tau sekarang kalo ada tekniknya. Makasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
  3. Baru tau kalau ada istilahnya ya, dulu diajarin teknik mencuci tangan ini dari perawat di rumah sakit. Makasih infonya ya mbak

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sharingnya. Sukses yaaa...

    ReplyDelete
  5. Menarik sekali, sy juga membiasakan anak2 belajar mencuci tangan dengan benar. Alhamdulillah mereka mau mengikuti...sangat penting ini terutama ketika mereka sekolah. Kalau di rumah sudah diajarkan, ketika di luar pun insya Allah akan menjaga sendiri.

    ReplyDelete
  6. Mencuci tangan memang hal yang wajib dilakukan apalagi anak2 yang maaih suka sembarangan masukin tangannya ke mulut.

    ReplyDelete
  7. Iya, Mbak.. Benar sekali. Cuci tangan memang terlihat sepele namun kuncinya hidup bersih ternyata dimulai dari cuci tangan. Saya pernah sharing sama dokter waktu anak saya sakit batuk yang berkepanjangan, dan beliau menyarankan agar membiasakan diri untuk cuci tangan yang sesuai dengan aturan.

    ReplyDelete
  8. Dulu,sebelum menikah saya cuek banget soal cuci tangan. Ndilalah, saya dapat suami yang sedikit-sedikit cuci tangan. Jadi keikut kebiasaan suami. XD

    ReplyDelete

About Me

Seorang ibu muda, guru, penulis
Powered by Blogger.